Negara-negara Di mana Anda dapat kuliah di Luar Negeri secara Gratis

Ada banyak negara di seluruh dunia di mana siswa dapat  kuliah di luar negeri secara gratis  atau dengan jumlah yang sangat terjangkau. Anda hanya perlu tahu di mana mencarinya.

Di bawah ini Anda akan menemukan pilihan negara yang menawarkan biaya rendah atau biaya kuliah gratis, dengan rincian tentang kelayakan dan berapa biaya universitas saat ini (rendah) yang dapat Anda harapkan. Untuk menemukan universitas ternama internasional di negara-negara ini, kunjungi  QS World University Rankings® 2018 .

beasiswa kuliah diluar negeri

Kuliah di Jerman secara gratis

 

Minat kuliah di luar negeri di  Jerman  sepertinya terus meningkat. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta tidak ada biaya kuliah sarjana di sebagian besar universitas negeri di Jerman, dan ini berlaku untuk siswa Jerman dan internasional, tanpa memandang kewarganegaraan. Hanya sedikit biaya universitas nominal dibebankan, sekitar € 150-250 (~ US $ 180-300), untuk menutupi biaya administrasi.

Pengecualiannya adalah negara bagian Baden-Württemberg di Jerman barat daya, yang memperkenalkan kembali uang sekolah untuk siswa non-EU / EEA pada musim gugur 2017. Para siswa ini harus membayar € 1,500 (~ US $ 1.800) per semester (€ 3.000 atau ~ US $ 3.600 per tahun). Mahasiswa PhD dan pengungsi tidak terpengaruh, dan biaya dikurangi untuk mereka yang mengejar gelar kedua (hingga € 650 (~ US $ 780) per semester, yaitu € 1,300 (~ US $ 1.550) setahun. Ada kemungkinan bahwa negara Jerman lainnya akan mengikuti dan memperkenalkan kembali biaya di masa depan, karena mereka berusaha untuk berinvestasi dan meningkatkan pendidikan universitas, jadi berhati-hatilah untuk ini.

Biaya studi rendah Jerman, dikombinasikan dengan ekonomi yang kuat dan sistem pendidikan tinggi yang sangat baik, membuat prospek melakukan studi di Jerman sangat menarik bagi siswa dan orang tua mereka di seluruh dunia. Lebih dari 40 universitas Jerman ditampilkan di antara para pemimpin dunia di QS World University Rankings – sekali lagi, hanya dipukul oleh AS dan Inggris – dengan tempat tertinggi yang diambil oleh  Technische Universität München .

Jika Anda berhasil menemukan universitas untuk belajar di Jerman secara gratis, Anda tentu saja masih perlu menganggarkan biaya hidup. Jika Anda membutuhkan visa pelajar Jerman, Anda harus membuktikan bahwa Anda memiliki sekitar € 8.700 (~ US $ 10.400) per tahun untuk biaya hidup. Namun, Anda mungkin perlu lebih dekat hingga € 9,600 (~ US $ 11.500) untuk hidup nyaman di Jerman.

Dua tujuan utama untuk belajar di Jerman,  Munich  dan  Berlin , juga masuk dalam 20 kota paling terjangkau untuk belajar di  QS Best Student Cities 2017 .

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara belajar di Jerman secara gratis, lihat artikel berikut:

Kuliah di Prancis secara gratis (atau dengan biaya rendah)

 

Perancis  mungkin tidak secara luas dikenal seperti  Jerman untuk pendidikan tinggi yang terjangkau, tetapi siswa internasional mungkin terkejut mendengar mereka juga dapat belajar di Perancis secara gratis (atau, dengan biaya yang sangat rendah), terlepas dari status kebangsaan mereka.

Meskipun secara teknis biaya universitas ada di universitas negeri di Perancis, mereka hanya sebagian kecil dari yang dikenakan di sebagian besar negara, sebesar hanya € 184 (~ US $ 220) per tahun di tingkat sarjana. Biaya tambahan dapat menaikkan harga ini, terutama untuk program yang lebih khusus seperti kedokteran dan teknik, tetapi tidak secara dramatis. Jika Anda ingin belajar di grande école terkemuka   bagaimanapun, mengharapkan biaya bervariasi secara luas.

As is the case in Germany, the majority of programs offering the chance to study in France for free are taught in the native language. However, there are a growing number of opportunities to study in English, particularly at graduate level. Alternatively, you can also attend a preparatory school to perfect your French skills before beginning your degree, but you’ll have to pay for this.

Biaya hidup di Perancis juga relatif terjangkau, sebesar sekitar € 9.600 (~ US $ 11.500) per tahun, meskipun Anda harus berharap untuk membayar lebih jika Anda memilih untuk tinggal di ibu kota  Paris . Meskipun Paris bukan kota yang murah untuk ditinggali, sewa rata-rata lebih dari 50 persen lebih rendah daripada London (menurut Numbeo ). Keterjangkauan komparatif ibukota Perancis, dikombinasikan dengan pilihan besar universitas yang berperingkat internasional, berarti terus menduduki peringkat dalam lima besar indeks  QS Best Student Cities  .

 

Kuliah di negara-negara Nordik secara gratis

 

Dikenal karena kualitas hidup mereka yang tinggi, alam yang mempesona dan politik liberal, negara-negara Eropa utara (dikenal sebagai negara-negara Nordik) juga membanggakan beberapa sistem pendidikan tinggi terkuat di dunia. Negara-negara Nordik  Denmark ,  Finlandia ,  Islandia ,  Norwegia  dan  Swedia  semuanya menawarkan kesempatan untuk belajar gratis atau dengan biaya rendah:

Di  Norwegia , studi universitas tersedia gratis untuk semua siswa, terlepas dari tingkat belajar atau kebangsaan. Seperti Jerman, Anda hanya perlu membayar biaya semester, dalam hal ini sekitar NOK 300-600 (~ US $ 37-74). Sebagian besar program sarjana hanya diajarkan di Norwegia, dan siswa internasional perlu menunjukkan bukti kemahiran dalam bahasa Norwegia untuk belajar di tingkat ini. Di tingkat master dan PhD, program bahasa Inggris jauh lebih umum dan biaya kuliah gratis masih berlaku.

Di  Islandia , tidak ada biaya kuliah yang dibebankan pada empat universitas negeri, dengan hanya biaya pendaftaran sekitar € 400 setahun (~ US $ 425).

Denmark, Swedia, dan yang paling baru Finlandia  hanya memperpanjang tunjangan pendidikan tinggi gratis mereka untuk siswa dari dalam  Uni Eropa / EEA  dan Swiss, yang berarti bahwa siswa dari luar daerah ini harus membayar biaya kuliah untuk program sarjana dan master. Namun, program PhD di negara-negara ini sepenuhnya didanai, menawarkan kandidat PhD yang luar biasa kesempatan untuk mendapatkan gelar mereka tanpa membayar biaya,  dan  mendapatkan gaji. Siswa non-EU / EEA juga dapat belajar di Finlandia secara gratis jika mereka belajar bahasa Swedia atau Finlandia.

Biaya internasional di tingkat sarjana dan master di Denmark, Swedia dan Finlandia bervariasi. Di Denmark, biaya universitas berkisar antara DKK 45.000 dan DKK 120.000 (~ US $ 7.200-19.300) per tahun, sementara di Swedia mereka jatuh antara SEK 80.000 dan SEK 140.000 (~ US $ 9.750-17.060) untuk sebagian besar program studi. Di Finlandia, biaya kuliah yang baru-baru ini diperkenalkan saat ini setidaknya mencapai € 1.500 (~ US $ 1.800) per tahun, meskipun sebagian besar siswa akan membayar antara € 4.000 – 20.000 (~ US $ 4.900-24.500) per tahun.

Tapi bagaimana dengan biaya hidup? Nah, ini adalah hasil tangkapan, karena biaya hidup di Eropa utara adalah salah satu yang tertinggi di benua itu. Ini sebagian besar karena ekonomi daerah yang sehat dan kekuatan mata uang Nordik, jadi membayar lebih untuk hidup ketika jalanan bersih dan orang-orang bahagia mungkin tidak terlalu buruk. Empat ibu kota Nordik telah diperingkatkan di antara kota-kota pelajar top dunia:  Kopenhagen ,  Helsinki , Oslo ,   dan  Stockholm .

Tempat lain untuk kuliah di Eropa secara gratis (atau dengan biaya rendah)

 

Bagaimana dengan tempat lain untuk belajar di Eropa secara gratis atau dengan biaya rendah? Ada sejumlah negara Eropa yang menawarkan universitas yang terjangkau atau gratis, tanpa perlu mengorbankan kualitas. Lihat di bawah ini untuk lebih banyak contoh.

Austria

Negara lain tempat siswa dapat belajar di Eropa secara gratis (atau dengan biaya sangat rendah) adalah  Austria . Mahasiswa EU / EEA menikmati hak yang sama seperti Austria ketika datang ke biaya pendidikan tinggi, dan dapat belajar secara gratis pada tingkat apa pun. Setelah waktu ini, siswa membayar biaya hanya € 363 (~ US $ 434) per semester. Mahasiswa internasional dari luar Uni Eropa / EEA harus mengharapkan biaya yang sedikit lebih tinggi sekitar € 726 (~ US $ 870) per semester. Biaya hidup akan membuat semua siswa kembali sekitar € 11.400 (~ US $ 13.650 setahun.  Wina , ibu kota Austria, berada di peringkat ke- 16  di  QS Best Student Cities 2017 .

Belgium

Ada dua komunitas bahasa utama di  Belgia , masing-masing dengan pendirian mereka sendiri mengenai biaya universitas. Namun, siswa Uni Eropa akan membayar maksimal hanya € 835 (~ US $ 1.000) setahun. Dan sementara itu hanya siswa Uni Eropa yang mendapatkan manfaat utama untuk dapat belajar di Eropa secara gratis, biaya masih sangat terjangkau untuk siswa internasional, mulai dari € 890 hingga maksimum € 4.175 (~ US $ 1.065-5.000) per tahun. Anda dapat tinggal di Belgia dengan anggaran sekitar € 11.400 (~ US $ 13.640) setahun. Brussels , ibu kota, berada di peringkat ke- 45  di Kota Siswa Terbaik QS tahun ini.

Republik Ceko

Siswa yang berbicara bahasa Ceko dapat belajar di luar negeri secara gratis di  Republik Ceko  di universitas negeri mana pun. Siswa yang ingin belajar bahasa Inggris juga dapat belajar dengan cukup murah, sekitar € 3.800 (~ US $ 4.550) per tahun. Biaya hidup lebih terjangkau daripada di banyak negara di Eropa Barat, sekitar US $ 9.000 per tahun. Ibu kota Ceko,  Praha , menempati peringkat ke- 30  di QS Best Student Cities.

Yunani

Semua siswa dari dalam EU / EEA dapat belajar di luar negeri secara gratis di  Yunani  di universitas dan perguruan tinggi negeri, dengan pengecualian beberapa program master. Siswa internasional dari luar Uni Eropa juga memenuhi syarat untuk pendidikan tinggi berbiaya rendah, sekitar € 1.500 (~ US $ 1.800) per tahun. Yunani menawarkan salah satu biaya hidup terendah di Uni Eropa.

Italia

Meskipun universitas swasta di  Italia  dapat diketahui untuk membebani biaya kuliah yang cukup tinggi, universitas negeri di Italia jelas lebih murah, dengan biaya antara € 850 dan € 1.000 (~ US $ 1.015-1.200) per tahun untuk program sarjana. Mahasiswa Uni Eropa memenuhi syarat untuk peluang pendanaan yang sama dengan mahasiswa Italia, termasuk pinjaman, hibah, beasiswa, dan pembebasan biaya. Biaya hidup di Italia juga tidak setinggi yang Anda harapkan, sekitar € 12,000-18,000 (~ US $ 14,350- 21,530) per tahun. Milan berada di peringkat 33 rd  di terbaru QS Terbaik Kota Pelajar, sedangkan ibu kota  Roma  adalah 65 th .

Spanyol

Mahasiswa Uni Eropa tidak diharuskan membayar biaya pendidikan tinggi di Spanyol, sementara siswa internasional, dapat belajar untuk antara € 750 dan € 2.100 (~ US $ 900-2,500) per tahun di lembaga-lembaga publik. Biaya dikenakan per basis kredit dan bisa lebih tinggi di tingkat pascasarjana. Untuk tinggal di Spanyol, Anda harus menghabiskan antara € 10.800 dan € 13.200 (~ US $ 12.900 – 15.800) per tahun untuk biaya hidup. Madrid ,  Barcelona  dan  Valencia  semua ditampilkan di QS Best Student Cities 2017, dengan Barcelona peringkat tertinggi pada 23 rd .

Tempat lain untuk kuliah di luar negeri secara gratis (atau dengan biaya rendah)

 

Argentina

Sementara mahasiswa Argentina semua menikmati akses ke universitas gratis, siswa internasional harus berharap untuk membayar biaya kecil dan nominal untuk mendaftar di universitas negeri di negara ini. Lembaga swasta di  Argentina , di sisi lain, dapat mengenakan biaya lebih dari US $ 5.000 per tahun. Di QS Best Student Cities 2017, ibu kota Argentina  Buenos Aires  adalah 42 nd .

India

Di  India , siswa internasional biasanya akan membayar uang kuliah tidak lebih tinggi dari US $ 7.300 setahun, meskipun universitas swasta dan biaya pascasarjana cenderung lebih mahal. Biaya hidup di India, bagi sebagian besar siswa, cenderung sangat menarik – menurut  Numbeo , harga konsumen 178 persen lebih murah daripada di Inggris, sementara harga sewa adalah sebanyak 386 persen lebih murah. Secara keseluruhan, Anda harus dapat hidup dengan nyaman hanya dengan US $ 5.000 per tahun. Namun, perlu dicatat bahwa siswa internasional tidak diizinkan untuk bekerja di India selama masa studi mereka.

Taiwan

Biaya kuliah di  Taiwan  menawarkan nilai besar, dengan universitas-universitas ternama di negara itu menawarkan program yang terjangkau. Sebagai contoh,  National Taiwan University (NTU) , universitas terkemuka bangsa di peringkat 76 bersama  di QS World University Rankings, tahun lalu menuntut mahasiswa sarjana hanya TW $ 100,920-124,200 (~ US $ 3,400-4,200) per tahun. Di QS Best Student Cities 2017,  Taipei  menduduki peringkat ke- 16  di dunia dan peringkat 16 untuk keterjangkauan. 

 

Diterjemahkan dari: https://www.topuniversities.com/student-info/studying-abroad/where-can-you-study-abroad-free

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *